Menurut
Webster diagnosis yaitu proses menentukan hakekat daripada kelainan atau
ketidakmampuan dengan ujian dan melalui ujian tersebut dilakukan suatu
penelitian yang hati-hati terhadap fakta-fakta untuk menentukan masalahnya.
Sedangkan menurut Harriman dalam bukunya Handbook
of Psychological Term, diagnosis adalah suatu analisis terhadap kelainan
atau salah penyesuaian dari simptom-simptomnya. Dapat disimpulkan bahwa
diagnosis adalah suatu cara menganalisis suatu kelainan dengan mengamati
gejala-gejala yang Nampak dan dari gejala tersebut dicari factor penyebab
kelainan tadi.
Kesulitan
belajar adalah suatu gejala yang nampak pada anak ditandai adanya prestasi atau
hasil belajar yang rendah serta berada di bawah norma yang ditetapkan.
Blassic
dan Jones mengatakan bahwa kesulitan belajar adalah terdapatnya suatu jarak
antara prestasi akademik yan diharapkan dengan prestasi akademik yang Nampak
sekarang (prestasi aktual). Anak yang mengalami kesulitan belajar itu adalah
anak yang mempunyai intelegensi normal, tapi menunjukkan satu atau beberapa
kekurangan yang penting dalam proses belajar. Kesulitan atau hambatan
dalam kegiatan belajar bersifat fisiologis, psikologis, dan sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar